0 NEW WIZARD Start Tour Guide 101 SERVICE Order Artikel Store Awards EVENTS Kontes Meeting (soon) General (soon) NOTIFICATIONS LIHAT SEMUA Muhammad Maulana 0 points Saldo Rp 0 Edit Profile Pesan Log Out ACCOUNT Tambahkan meta tag dibawah ini ke halaman blog/website anda

Butterfly Hug dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Butterfly hug adalah ibarat ‘pertolongan pertama’ saat cemas dan panik melanda. Beberapa waktu lalu, metode ini sempat booming karena sebuah drama Korea ‘It’s Okay to Not Be Okay’. Sebenarnya, ini adalah terapi untuk gejala psikologis. Dalam artikel kesehatan ini, kita akan membahasnya lebih jauh, termasuk manfaatnya.

Apa Itu Butterfly Hug?

Butterfly Hug dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Singkatnya, ini adalah sebuah bentuk terapi yang berfungsi untuk menenangkan diri. Caranya sangat mudah. Anda juga bisa melakukannya kapanpun tanpa bantuan alat sama sekali. Anda hanya perlu menyilangkan tangan di depan dada, di mana ujung jari berada di pundak. Kemudian, tepuk pundak pelan-pelan, bergantian kanan dan kiri, selama beberapa detik. Anda harus melakukannya sambil menghirup napas yang dalam, hingga pikiran terasa lebih rileks.

Pada dasarnya, metode ini dirancang untuk membantu meredakan cemas sehingga seseorang menjadi lebih tenang. Tetapi, metode ini tetap tidak bisa menggantikan pengobatan atau terapi psikologis.

Anda bisa melakukannya sebagai perawatan rumahan. Karena langkah butterfly hug sangat mudah dilakukan, Anda dapat menjadikannya sebagai ‘pertolongan pertama’ saat merasa panik atau cemas.

Manfaat Butterfly Hug
Seperti halnya sebuah pelukan, metode ini punya manfaat besar. Selain menenangkan dari rasa cemas, metode ini ini juga menjadi cara untuk memberi kasih sayang dan perhatian pada diri sendiri. Lebih lanjut, cara ini akan memberikan manfaat sebagai berikut :

1. Membantu merasa aman & terlindungi
Ibarat memeluk diri sendiri, manfaat butterfly hug ini bisa menghadirkan kenyamanan serta rasa aman layaknya dipeluk orang tua atau kekasih hati. Selain itu, cara ini membantu mengingatkan diri akan kekuatan yang Anda miliki.

2. Meningkatkan suasana hati
Sebenarnya, cara ini bermanfaat untuk semua orang. Saat Anda mengalami hari buruk atau melelahkan, metode ini akan meningkatkan efek relaksasi. Pasalnya, cara ini bisa menurunkan kadar hormon stres (kortisol) di dalam tubuh. Meski tidak menyelesaikan masalah sepenuhnya, setidaknya cara ini bisa meredakan tegang & stres.

3. Menghilangkan rasa sakit
Metode memeluk diri sendiri ini juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit. Hal ini ada kaitannya dengan hormon oksitosin, yaitu hormon yang bisa dilepaskan tubuh ketika mendapat sentuhan yang menenangkan. Itulah kenapa metode ini bisa meredakan rasa sakit secara langsung.

4. Membantu mengasihi diri sendiri
Memang, metode ini seperti sentuhan yang bisa menurunkan kadar hormon stres. Kita bisa menyebutnya dengan istilah mengasihi diri sendiri (self-compassion). Jadi, jika Anda merasa berkecil hati atas sesuatu, Anda bisa memeluk diri sendiri dengan metode ini agar bisa lebih tenang.

Meski sederhana, ternyata metode memeluk diri sendiri ini punya manfaat yang sangat besar, bukan? Untuk merasakan manfaatnya, tentu saja Anda harus melakukannya dengan benar dan lembut.

Deskripsi: Butterfly hug adalah metode menenangkan kecemasan dan stres dengan cara memeluk diri sendiri. Berikut manfaat butterfly hug yang sangat besar.

admin

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.