0 NEW WIZARD Start Tour Guide 101 SERVICE Order Artikel Store Awards EVENTS Kontes Meeting (soon) General (soon) NOTIFICATIONS LIHAT SEMUA Muhammad Maulana 0 points Saldo Rp 0 Edit Profile Pesan Log Out ACCOUNT Tambahkan meta tag dibawah ini ke halaman blog/website anda

Jepang Umumkan Sanksi Tambahan Terkait Invasi di Ukraina, Aset 25 Orang Rusia Dibekukan

Jepang akan membekukan aset 25 orang Rusia lagi dan melarang ekspor ke 81 organisasi Rusia sebagai tanggapan atas perang Moskow di Ukraina. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang pada Jumat (25/3/2022). Langkah itu dilakukan setelah Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan pada hari Kamis (24/3/2022) bahwa Jepang akan mengambil langkah langkah untuk mencabut status perdagangan "negara yang paling disukai" Rusia dan mencegah pertukaran mata uang kripto domestik melakukan transaksi dengan entitas yang terkena sanksi, seperti dikutip dari .

Tokyo telah meluncurkan serangkaian tindakan hukuman terhadap Rusia dalam beberapa pekan terakhir, termasuk sanksi yang berfokus pada wakil kepala staf untuk pemerintahan Presiden Vladimir Putin, kepala Republik Chechnya, dan eksekutif perusahaan yang memiliki hubungan dekat dengan Kremlin. Negara Asia Timur itu juga menargetkan bank sentral Rusia, membatasi akses negara itu ke sistem pembayaran internasional SWIFT, dan melarang ekspor peralatan kilang minyak yang menuju Rusia. Perusahaan Jepang terkemuka termasuk Toyota, Honda, Nintendo dan Sony juga telah menghentikan ekspor ke Rusia, dengan alasan kekhawatiran tentang logistik, rantai pasokan atau keselamatan.

Jepang, salah satu sekutu terdekat Amerika Serikat di Asia, telah mengambil sikap yang lebih keras terhadap Moskow daripada negara negara lain di kawasan itu, yang sebagian besar menolak untuk menyalahkan konflik tersebut. Selain Jepang, hanya Korea Selatan, Singapura, dan pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri yang mengumumkan sanksi terhadap Moskow. Jeffrey Kingston, direktur Studi Asia di Temple University di Tokyo, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tanggapan kuat Jepang terhadap Rusia mencerminkan kekhawatirannya sendiri tentang ambisi China di halaman belakangnya, termasuk klaim atas Kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang dan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

"Jepang berusaha menggalang dukungan untuk posisinya bahwa sengketa teritorial harus diselesaikan tanpa paksaan atau paksaan dan berdasarkan hukum internasional," kata Kingston tentang "sanksi yang luar biasa keras dari Tokyo". “Ini terutama prihatin dengan ambisi hegemonik China di Asia dan khawatir tentang implikasi Ukraina bagi Taiwan. Ia berdiri bersama NATO di Eropa dengan harapan bahwa solidaritas ini akan dibalas di Asia dan menghalangi China untuk menyerang Taiwan.” “Saya pikir seluruh wilayah ambivalen tentang konflik ini dan tidak ingin terlibat dalam Perang Dingin II,” tambah Kingston, dengan alasan ada “sedikit antusiasme di antara sebagian besar pemimpin Asia untuk memilih pihak dalam apa yang mereka lihat sebagai Perang Dingin. Perang antara AS dan Cina di Asia”.

Masih dikutip dari Al Jazeera , sebelumnya, Jepang telah membekukan aset puluhan pejabat dan oligarki Rusia dan Belarusia dalam langkah terbaru Tokyo untuk menghukum Moskow atas invasinya ke Ukraina. Sanksi tersebut menargetkan 20 orang Rusia, termasuk wakil kepala staf untuk pemerintahan Presiden Vladimir Putin, kepala Republik Chechnya, dan eksekutif perusahaan yang memiliki hubungan dekat dengan Kremlin seperti Volga Group, Transneft dan Wagner, kata kementerian keuangan negara itu, Selasa (8/3/2022). Daftar tersebut juga mencakup 12 pejabat pemerintah dan pebisnis Belarusia, serta 12 organisasi di Rusia dan Belarusia.

Transaksi pembayaran dan modal dengan individu dan entitas dalam daftar akan memerlukan izin pemerintah mulai sekarang, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan. Jepang juga melarang ekspor peralatan kilang minyak tujuan Rusia dan barang keperluan umum tujuan Belarusia yang dapat digunakan oleh militernya, kata kementerian itu. Ini akan melarang ekspor ke kementerian pertahanan Belarusia, angkatan bersenjata, dan organisasi polisi, serta perusahaan yang berbasis di Minsk, JSC Integral.

admin

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *